Bupati Hadiri Launcing 57.200 Paket Bapa Siji dari Baznas


Pesawaran, (potretperistiwa.com) - Bupati Kabupaten Pesawaran kembali hadiri Launching Program Bantuan Pangan Siap Saji (Bapa Siji) Dan Penyerahan Santunan Bedah Rumah Layak Sehat (Berkat), Benar Rumah (Benar) dan Beras Sedekah (Berhak) Semester I/Tahap I Tahun' 2022 Sekaligus Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 H /2022. Acara tersebut diselenggarakan di Saung DJunjungan Desa Sukabanjar, Senin (14/03/2022).


Bupati Pesawaran menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh BAZNAS, Ini merupakan salah satu langkah BAZNAS dalam rangka mengoptimalkan potensi ZIS (Zakat, Infaq dan Sodaqoh).


Bupati mengatakan Keberadaan BAZNAS merupakan instrument penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya Umat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan khususnya Kabupaten Pesawaran. Sedangkan zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian. Zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD.                                  


Hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum lahirnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat.


"Pemkab Pesawaran memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung program ini, karena program Pendistribusian ZIS bukan hanya sebuah kegiatan untuk menyalurkan ZIS itu sendiri, tapi lebih jauh dari itu. Perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi menjadi desentralisasi membawa implikasi terhadap meningkatnya peluang masyarakat untuk dapat meningkatkan peran sertanya secara khusus dalam pengelolaan ZIS. Dalam hal ini, potensi semua pihak khususnya masyarakat harus terus diakomodir dan ditingkatkan untuk mau dan mampu berkiprah dalam pembangunan agar kesejahteraan masyarakat disegala bidang kehidupan dapat terus ditingkatkan," Ucap nya. 


"Selanjutnya, program ini merupakan bentuk konsistensi BAZNAS Kabupaten Pesawaran dalam rangka meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Hal ini menunjukkan betapa besarnya perhatian BAZNAS kepada masyarakat Pesawaran. Perhatian tersebut merupakan bentuk sinergi yang tepat dan memberikan motivasi untuk terus bangkit dan terus berupaya mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih baik dan lebih sejahtera," Tambah nya.


Bupati juga mengatakan , peringatan Isra Miraj ini hendaknya dapat menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang menjadi rahmat bagi alam semesta (rahmatan lilalamin), karena menjunjung tinggi persaudaraan (ukhuwah), baik sesama muslim (ukhuwah islamiyah), sesama bangsa (ukhuwah basariyah) dan sesama tanah air (ukhuwah wathoniah), maupun cinta kasih, perdamaian serta hak asasi manusia. Menurut hemat saya, Islam tidak mentolelir adanya perilaku yang destruktif, anarkis, dan bentuk terorisme, apalagi sampai mengorbankan jiwa manusia yang tak ternilai harganya.


"Saya berharap kedepannya BAZNAS dapat terus konsisten dalam mengakomodir dan meningkatkan potensi semua pihak khususnya masyarakat untuk mau dan mampu berkiprah dalam pembangunan dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang masih memerlukan dukungan untuk meningkatkan taraf hidupnya. Oleh karena itu, bantuan yang diberikan oleh Baznas ini saya harapkan dapat meringankan beban masyarakat Kabupaten Pesawaran," Tutup Bupati. **(lilis) 

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama