Bupati Dampingi Kunker Menteri Kesehatan di Kabupaten Pelalawan


 

Pangkalan Kerinci, (Potretperistiwa.com) -Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Pelalawan yang kegiatannya dipusatkan di Puskesmas Berkilau Pangkalan Kerinci II pada Selasa, (25/7/2023). Dalam kunjungan kerja Menteri Kesehatan ini, juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Kesehatan dengan APRIL Group dan Tanoto Foundation dalam rangka mendukung transformasi kesehatan khususnya pelayanan primer. 


Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat kesehatan oleh APRIL Group sebanyak 800 alat kesehatan untuk 30 puskesmas di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Kuantan Singingi. Penyerahan bantuan alat kesehatan diberikan secara simbolis oleh Dirut RAPP Sihol Aritonang kepada Bupati Pelalawan H. Zukri, Bupati Siak H.Alfedri, M.Si, dan Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby yang disaksikan oleh Gubernur Riau Riau Syamsuar dan  Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin. 


Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan H. Zukri mengucapkan terimakasih kepada Menteri Kesehatan RI yang telah berkunjung ke Kabupaten Pelalawan. Bupati H. Zukri juga meminta dukungan Kementrian Kesehatan dalam meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan untuk wilayah terjauh Kabupaten Pelalawan.

 

"Sebagai informasi, Kabupaten Pelalawan memiliki 12 kecamatan dengan wilayahnya yang cukup luas. Ada 3 kecamatan di wilayah kami yang masyarakatnya jika ingin berobat ke rumah sakit di ibukota kabupaten harus menempuh jarak 4-6 jam perjalanan, karena ambulance laut yang kami punya hanya 1. Dengan keadaan demikian pilihan lainnya mereka berobat ke provinsi tetangga atau negara tetangga. Maka dari itu kami butuh support agar Kementrian Kesehatan dapat menambah armada ambulance laut kami agar bisa melayani kesehatan masyarakat ke daerah yang cukup jauh jangkauannya dari ibukota kabupaten Pelalawan." Jelas Bupati H. Zukri. 


"Alhamdulillah untuk jaminan kesehatan di Pelalawan 99,12 % masyarakat sudah memiliki jaminan kesehatan. Cukup dengan menunjukkan KTP Pelalawan, maka masyarakat dapat berobat gratis di Kabupaten Pelalawan. Dan ternyata dengan program kesehatan gratis ini membuat jumlah pelayanan kesehatan masyarakat meningkat, baik di puskesmas maupun rumah sakit. Oleh karena itu, kami juga mohon dukungan Kementerian Kesehatan dalam peningkatan kapasitas dan fasilitas pelayanan kesehatan di RSUD kami yakni RSUD Selasih, karena RSUD ini melayani pasien rujukan untuk 3 kabupaten dengan fasilitas yang masih kurang." Tambah Bupati Pelalawan lagi. 


Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin saat memberikan sambutan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada APRIL Group dan Tanoto Fondation yang telah mensupport pemerintah dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Pelalawan, Siak dan Kuantan Singingi. Menteri Budi Gunadi Sadikin juga berpesan kepada seluruh hadirin agar menjaga kesehatan. 


"Saya disini sebagai menteri kesehatan berharap agar kita semuanya sehat, jangan sampai sakit, karena sehat itu lebih murah, sehat itu lebih enak. Menjaga kesehatan itu bisa dilakukan dengan mengatur pola makan dan olahraga 30 menit perhari. Tujuannya agar kita bisa panjang umur." Tutur Budi. 


"Kemudian masalah stunting, itu adalah masalah yang penting, karena stunting berkaitan dengan masa depan anak bangsa. Anak yang stunting akan sangat susah untuk menamatkan sekolahnya. Maka saya meminta kepada ibu-ibu agar menjaga anaknya jangan sampai stunting." Tambah menteri Budi.  


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Deklarasi Kades dan Lurah Peduli Posyandu serta Penyematan Pin Kecakapan Kader. Setelah itu, menteri bersama rombongan meninjau fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Berkilau Pangkalan Kerinci dan dilanjutkan dengan penanaman pohon Kelor bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Riau Syamsuar dan Bupati Pelalawan H. Zukri.


Menkes kemudian melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi Puskesmas Pembantu dan Posyandu di Desa Makmur Pelalawan, serta kunjungan kerja ke wilayah APRIL Riau.****(WT.PUTERI)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama