Dukung Pengembangan Desa Wisata Pupuan Gianyar, IPBI lakukan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat


Bali, (potretperistiwa.com) - Dalam rangka turut serta menjadikan desa Pupuan sebagai desa wisata yang menarik untuk dikunjungi, tim dosen dari kampus IPBI (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional) selama 8 bulan melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dimulai 1 April 2022.


Desa wisata yang terletak di sebelah Utara Istana Tampaksiring ini memiliki potensi alam berupa persawahan, air terjun, peninggalan bersejarah dan budaya masyarakat yang terpelihara baik hingga kini. Lokasi camping di areal persawahan yang lagi favorit juga tersedia di desa yang berudara sejuk dan nyaman ini.


Kegiatan penelitian yang dikawal oleh I Nyoman Arto Suprapto, ST, M.Si ini berupa pemetaan potensi dan daya dukung kawasan desa wisata Pupuan-Tegalalang berbasis Sistem Informasi Geografis.


Seiring penelitian tersebut dilakukan juga program pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pengelolaan atraksi wisata yang jadi prioritas utama pengembangan.


Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini akan berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain dari Undiknas, LSPR dan Pendamping Desa Cerdas, agar hasilnya lebih terarah dan maksimal.


Perbekel Desa Pupuan I Wayan Sumatra pada pertemuan koordinasi yang dihadiri oleh para pengabdi, pengurus Pokdarwis, pengelola desa wisata dan tokoh desa Pupuan menyampaikan dukungannya dan kesediaannya untuk mengerahkan sumber daya yang dimiliki demi kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut.***(AS)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama