Ayi Ghayo Onam, Momentum Pulang Basamo Serta Ziarah Kubur


Kampar Utara, (potretperistiwa.com) - Ayi Ghayo Onam yang sering kita sebut dengan Ziarah Kubur ini dilaksanakan oleh masyarakat Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara setiap tahunnya setelah lebaran Idul Fitri tepatnya 7 Syawal.


Kegiatan tersebut digelar dengan menjenguk dan berdoa di seluruh kuburan baik itu kuburan persukuan maupun keluarga yang ada di Desa Sungai Tonang. Ada sebanyak 9 titik perkuburan yang di ziarah oleh warga Desa Sungai Tonang.


Selain itu Ayi Ayo Onam juga identik dengan masyarakat yang di rantau dan yang dikampung selalu melaksanakan makan Bajambau (makan bersama) sekaligus menggelar Tabligh Akbar di Mesjid yang sudah dipilih melalui musyawarah setiap tahunnya. 


Melalui musyawarah Perangkat Desa dengan seluruh element tokoh adat dan ninik mamak Desa Sungai Tonang maka dibentuk lah kepanitian kecil acara pulang Basamo, Ziarah kubur, Halal Bi Halal Masyarakat Desa Sungai Tonang yang diselenggarakan pada Jumat lalu.


Dimana pada saat itu  terbentuk struktur inti terpilih Yaitu Ketua Panitia diamanahkan kepada Zul Irpan, S.Pd.i M.Pd, Wakil Ketua Dendi Muhammad, M.Pd, Sekretaris Zali Pauzan, Wakil Sekretaris Yufrizal, M.Pd dan Bendahara Kepala Dusun I Masriadi. 


" Alhamdulillah kegiatan hari Ghayo Onam tahun ini masyarakat Sungai Tonang kedatangan tamu dari Paduka Duli Yang Mulia Sri Baginda H. M. Yunus Abdullah Rahmadsyah Al Haj selaku Diradja Airtiris Melayu Kampar beserta Perangkat DiRadja dan Juga Masyarakat Sungai Tonang yang sudah 2 tahun tidak dapat pulang bisa berjumpa kembali di momen pulang Basamo, Ziara Kuburan, Halal Bi Halal Masyarakat Desa Sungai Tonang yang diadakan di Mesjid Al-Huda Dusun I Desa Sungai Tonang " tutur Zali Pauzan selaku Sekretaris kepada Awak Media pada Senin (9/5/2022).


Ditempat berbeda Zul Irpan, M.Pd Selaku Ketua Panitia Sekaligus Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Al-Huda menyampaikan Ribuan Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh element, baik dari masyarakat kampung maupun dari rantau yang telah membantu mensukseskan acara tahunan pulang Basamo, ziarah kubur sekaligus halal Bi halal masyarakat Desa Sungai Tonang ini.


"Kami panitia yang di amanah kan masyarakat meminta maaf apabila memiliki kekurangan dalam memberikan pelayanan yang sempurna dalam merancang dan melaksanakan kegiatan ini, kami juga sangat mengapresiasi semangat dan kerjasama pemuda Sungai Tonang dalam membantu mensukseskan acara ini" ucap Zul Irfan.


Sementara itu Kepala Desa Sungai Tonang  Yeni Rahman, S.Sos saat diwawancara Media ini mengatakan," bahwa acara ini tidak terlaksana sempurna tanpa kerjasama team yang hebat yang sering disebut panitia, jadi mari selalu jaga kekompakan kampung kita ini dari segi apapun dan kita buktikan melalui eratnya "tali bapilin tigo" di Desa kita ini demi mencapai Desa yang baldatun toyyibatun warabbulghofur," tuturnya.


Lebih lanjut Kades berharap, semoga dengan kesuksesan acara kita ditahun ini dapat menambah semangat anak-anak generasi kita ke depannya dalam menjaga tali ukhuwah silaturahmi antar keluarga besar nya, dan juga datuk-datuk yang ada dapat memberi pelajaran kepada anak keponakan nya agar lebih baik lagi membangun desa nantinya.


" Terakhir yang terpenting yaitu kekompakan didalam menjaga kebersihan makam-makam yang ada di desa Sungai Tonang khususnya tiap tahun " pungkas Kades.***

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama