Lahan Warga di Dusun Sangkar Puyuh Desa Sawah Terbakar


Kampar, (potretperistiwa.com) - Kebakaran lahan terjadi di Dusun Sangkar Puyuh Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar - Riau Rabu Siang (17/8/2022).


Warga sempat panik karena area yang terbakar berdekatan dengan pemukiman warga setempat.


Pantauan potretperistiwa.com tampak beberapa warga beserta dari anggota Polsek Kampar berusaha memadamkan api menggunakan ranting pohon.


"Ini terpaksa kita padamkan menggunakan ranting pohon, kita khawatir api terus meluas, karena dekat dengan pemukiman penduduk" ungkap salah satu warga.


Dijelaskannya bahwa Api diduga berasal dari tepi sungai dimana di lembah sungai tersebut  terdapat semak belukar dan mudah terbakar.


" Akibat kemarau beberapa waktu lalu, serta angin bertiup kencang membuat warga sempat kewalahan untuk memadamkan api tersebut. Hingga api sudah mendekati rumah warga,  lebih kurang berjarak 60meter" kata warga


Api baru bisa dijinakkan setelah  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar tiba  di tempat kejadian dengan menerjunkan 6orang personil dan 2. Mesin pompa berjenis honda GX 270.


Ditempat kejadian Kepala Desa Sawah Edi Wirnata diminta tanggapan atas bencana kebakaran ini beliau menyampaikan, ini adalah tugas kita besama - sama menjaga lingkungan ini dari namanya kebakaran.


"  Dihimbau kepada masyarakat Desa Sawah agar jangan membakar untuk keperluan pembukaan lahan perkebunan atau lalai dalam aktivitas perkebunan. Dan saya tegaskan agar masyarakat tidak melakukan praktik praktik pembakaran, supaya kita bersama menjaga bebas dari asap akibat Karhutla " pungkasnya.****(Zulhermis).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama