Songsong Ramadhan, Pihak SMAN 1 Kampar Gelar Tabligh Akbar dan Makan Bersama


Kampar, (potretperistiwa.com) - Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat muslim di dunia, sehingga kedatangannya seringkali dinanti-nanti. Bahkan ada juga yang menyiapkan menyambut datangnya bulan ramadhan dari sejak satu sampai dua bulan sebelumnya agar bisa beribadah dengan maksimal di bulan Ramadhan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pihak SMAN 1 Kampar, dalam rangka menyongsong Ramadhan pihak SMAN 1 Kampar menggelar Tabligh Akbar dan makan bersama yang dilaksanakan di ruang kelas XII IPA 3, Senin (20/3/2023) 

Meski kegiatan dilaksanakan di  dalam ruang kelas, namun semangat untuk mengikuti kegiatan Tabligh Akbar terlihat sangat antusias dari para Guru, karyawan SMAN 1 Kampar yang hadir. Penceramah pada Tabligh Akbar kali ini yaitu Ustad H. Muhammad Harison, S.Ag yang juga merupakan Guru di SMAN 1 Kampar 

Dalam sambutannya Kepala SMAN 1 Kampar Drs. Harizon, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan Tabligh Akbar dan makan bersama ini. Mudahan dalam menyambut dan didalam bulan puasa kita semua diberikan Kesehatan oleh Allah SWT.

” Mudah - Mudahan kita semua diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan Ibadah Puasa dengan penuh kekhusutan dan  kita dapat mencapai umat muslim yang bertaqwa ” ujar Kepsek.

Selain itu Kepala Sekolah juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin, jika ada salah sikap kata tidak berkenan di hati kami atas nama pribadi dan keluarga meminta maaf, ucapnya.

Ditempat yang sama Ustad H. Muhammad Harison, S.Ag dalam tausiah singkatnya menyampaikan, ada beberapa hal yang dipersiapkan didalam menyambut bulan suci Ramadhan, pertama yang mesti kita siapkan yaitu mempersiapkan kesehatan, bagaimanapun puasa memerlukan kesehatan yang sempurna. Karena itu Rasulullah pada bulan Rajab dan Sakban selalu memperbanyak puasa Sunat, sehingga pada bulan Ramdhan sudah terlatih, bebernya 

Kedua pembersihan jiwa, karena taqwa letaknya di qolbu, mustahil kalau kita bertaqwa kalau hati kita tidak bersih, kalau penuh dengan dendam hasrat dengki maka kita tidak akan mendapatkan gelar taqwa, untuk itu sebelum masuk ramdhan mari kita bersihkan Hati, jadi bagaimana kita bersihkan hati caranya dengan bertaubat kepada Allah SWT dan meminta maaf serta memberi maaf antar sesama, katanya.

Selanjutnya yang Ketiga, mempersiapkan harta terbaik, karena ada dua fungsi mempersiapkan harta terbaik, yang pertama untuk kebutuhan kita kedua untuk memberikan infak dan sedekah. Dan yamg paling penting itu berikan harta terbaik untuk infaq dan sedekah, karena bulan puasa ini adalah bulan yang diberkati kata rasulullah.

Keempat mempersiapkan ilmu, supaya kita tahu apa saja yang disunnahkan diwajibkan bahkan yang membatalkan puasa, sehingga kita tahu ilmu - ilmu tentang Ramadhan, mudahan dengan mempersiapkan ini kita lebih siap menghadapai bulan ramadhan, sehingga ramadhan ini menjadi lebih bermakna, tutup Harison.***(Red).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama