Ke Penghuluan Balai Jaya Gelar Lomba Pokja IV Keluarga Sehat dan Tangguh Bencana


Bagansinembah, (potretperistiwa.com) – Kepenghuluan Balai Jaya Adakan Lomba Pokja IV “Keluarga Sehat dan Tangguh Bencana. Dalam kegiatan tersebut, tim penilai dari provinsi yang mewakili Pokja IV turun langsung ke Kepenghuluan Balai Jaya sebagai juri.

Acara lomba Pokja tersebut dihadiri oleh Camat Balai Jaya, M. Pauzan, S. PT., Hj Rumisi, dan drg. Hj Sridarmawati sebagai tim penilai dari provinsi Riau. Selain itu, hadir juga Deliana Roy Azlan selaku Ketua Pokja IV TPPKK Kabupaten Rokan Hilir, Juliana Hermanto, serta beberapa anggota lainnya dari Pokja IV TP Rokan Hilir seperti Deliana Oveta, SE, Juliana Al Wardah, Struktur, Keb., R. Betty Indrayani, S, Tr, Keb., Fitri Nilasari, S, Tr, Keb., Neneng Putriani, Amd., Hendrayani Aly, Edderia Yanti, SKM, Ns, Leni Marni, S, Keb., Maria Ulfa, Amd., Keb., Rika Yulia Iryani, S, Sis, MIP, dr. Wiranto Cahuami, dan Ririn Apriani, S, Sos. Kedatangan tim tersebut disambut baik oleh TP PKK Balai Jaya Marlina Pronika Sirait, SH, beserta anggota lainnya.

Sebelumnya, TP PKK kecamatan juga proaktif mendampingi dan melakukan pembinaan kepada TP PKK Kepenghuluan Balai Jaya untuk persiapan Pokja IV tersebut.

Dalam berbagai kalangan pemerintah terkait, hadir pula H. Dedi sebagai Kepala Puskesmas, Sarmadan Siregar selaku Babinkamtibmas, dan Serma MP Nababan selaku Babinsa Balai Jaya.

Camat Balai Jaya, M. Pauzan, S. PT., menyampaikan, “Agar kita membangun kekompakan yang penting karena PKK memainkan peran penting dalam pembangunan desa. Kami yakin bisa meraih juara di tingkat provinsi nanti.” paparnya.

Sementara itu, Japfet Canra S, Amd selaku penghulu Balai Jaya menjelaskan, “Lomba ini dinilai dari beberapa bidang, mulai dari Lomba Posyandu Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga-Kependudukan, Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK).” terangnya.

Selanjutnya, Jafet menjelaskan, “Termasuk dalam lomba ini adalah 9 Pilot Project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana, antara lain: Bidang Kesehatan peduli Stunting, menuju PHBS, peduli KIA Bidang lingkungan Hidup, siaga kebakaran, Lingkungan tanggap dan tangguh Bencana Alam, peduli lingkungan lingkungan Bidang perencanaan sehat, menuju keluarga sehat berkualitas, dan menunuju Keuangan Sehat, mewujudkan keluarga sehat PUS.”

Pelaksanaan lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi masyarakat Desa Kami Kepenghuluan Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rohil yang menjadi peserta. Desa kami akan melihat dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan belum dilaksanakan terkait program yang dilombakan. Menurut saya, perlombaan ini dapat menumbuhkan semangat untuk membangun desa kami menjadi lebih baik lagi, terutama dalam membangun perilaku hidup sehat, termasuk dalam menangani kasus stunting,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih kemampuan masyarakat lingkungan dan menciptakan lingkungan yang sehat serta peduli terhadap berbagai program pemerintah yang bertujuan membangun desa masing-masing. Dengan adanya lomba ini, masyarakat Balai Jaya optimis dapat menjadi juara di tingkat provinsi nanti. (Rilis)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama