Ekspos Program Kerja, Drg. Yusi Tegas Akan Mengupayakan Atasi Setiap Kendala Dalam Rangka Pembinaan Terhadap Kader PKK


Kampar, (potretperistiwa.com) - Terima Tim Monitoring dan Evaluasi dari Tim Penggerak PKK Provinsi Riau di Kabupaten Kampar, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg. Yusi Firdaus, MM Ekspos semua kegiatan dari TP PKK Kabupaten Kampar baik yang telah, sedang dan belum dilaksanakan sepanjang Tahun 2023 di Aula Balai Bupati Kampar pada Senin (23/10).


Didampingi oleh seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Kampar dan seluruh Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Kampar, drg. Yusi Firdaus, MM sambut Ketua Tim Monev dari TP PKK Provinsi Riau yang diketuai oleh Hj. Erlina selaku Sekretaris TP PKK Provinsi Riau beserta rombongan.


Sampaikan Ekpose program kerja yang dibentuk dan dilaksanakannya beserta pengurus dan kader TP PKK Kabupaten Kampar dan Kecamatan, Yusi sampaikan terima kasih atas pelaksanaan Monev ini dikarenakan dapat sebagai bahan evaluasi bagi TP PKK Kabupatrn Kampar kedepannya dalam melaksanakan seluruh program dan kegiatannya.


"TP PKK Kabupaten Kampar sampai saat ini telah melaksanakan beberapa kegiatan dari awal tahun 2023, sehingga sudah banyak juga kegiatan yang telah kami laksanakan tetapi juga masih ada yang tengaj berlangsung dan akan dilaksanakan dalam tahun ini juga" terang Yusi mengawali Ekposenya.


Memaparkan atau mengekpose program yang disusunnya bersama pengurus dan anggota TP PKK Kabupaten Kampar, dijelaskannya bahwa ada kesekretariatan dan 4 (empat) Pokja yang memiliki dan telah melaksanakan berbagai kegiatan.


Pertama di Bidang Kesekretariatan memiliki 3 (tiga) kegiatan utama yaitu Kegiatan Bimtek Bagi Pengurus TP. PKK Kabupaten Kampar, Prmbinaan Dasa Wisma Bagi TP PKK Kecamatan dan kader di 21 Kecamatan dan Prmbinaan seeta Penilaian Lomba Administrasi PKK juga di 21 Kecamatan. Untuk Pokja I diterangkan oleh Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar juga ada 3 (tiga) program unggulan yang dilaksanakan seperti Sosialisasi PAAREDI, Kegiatan dalam rangka Hari Lansia Rahun 2023 Tingkat Kabupaten Kampar yang telah dilaksanakan benerapa waktu lalu dan Sosialisasi penyalahgunaan Narkoba yang sedang dilaksanakan.

Melanjutkan Ekposenya dihadapan Tim Monev TP PKK Provinsi Riau, Yusi juga paparkan giat pada Pokja II yang terdiri dari Pembekalan Bagi Pengurus Kelompok UP2K-PKK Tahun 2023, Pembekalan bagi Pengurus Kelompok BKB-HI Tahun 2023 yang keduanya telah dilaksanakan. Kemudian pada Pokja II juga ada kegiatan Lomba Kelompok UP2K-PKK dan Lomba Kelompok BKB-HI yang masing-masing tengah dilaksanakan di 21 Kecamatan. Pada Pokja III disampaikan ada 2 (dua) program utama yakni Pelatihan dan Pembinaan Kader Pangan dan Sandang dan Pembinaan serta Penilaian Lomba Aku Hatinya PKK.


Sedangkan pada pokja terakhir yakni Pokja IV, TP PKK Kabupaten Kampar memiliki 4 (empat) kegiatan yang meliputi Sosialisasi Peran PKK dalam Penurunan Stunting, Penguatan TPPS di 21 Kecamatan, Pembinaan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencama serta Pembinaan TPPS Desa Di 21 Kecamatan.


Dalam Ekposenya Yusi juga memaparkan beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh TP PKK dalam menjalankan setiap programnya.

" Adanya kendala dalam belum teroptimalisasikan koordinasi dan sinergitas dengan Perangkat Daerah sebagai Mitra, serta lerak geografis desa di Kabupaten Kampar yang cukup jauh. Dan yang utama sekali keterbatan anggaran yang sedikit menghambat tersosialisasinya dan terlaksananya secara merata semua program pokok PKK ini" demikiar dikatakan Yusi.


Namun ditekankan Yusi selaku Pj. Kerua TP PKK Kabupaten Kampar akan selalu mengupayakan semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Dalam kesemparan yang sama Tim Monev juga berikan tanggapan dan pengarahan terhadap kegiatan Monitoting dan Evaluasi yang mereka laksanakan. Dikatakannya kegiatan Monev ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program pokok PKK ini terlaksana baik di Provinsi, Kabupatrn/Kota dan di Kecamatan. Karena sebagaimana dikatakannya juga masih banyaknya ptogram PKK yang belum difahami secara utuh oleh TP PKK baik di Kabupaten maupun di Kecamatan. Dengan kata lain hasil Rakernas PKK ke-IX perihal 10 Program Pokok PKK belum sepenuhnya berjalan sesuai yang diharapkan.


Peningkatan lapasitas pengurus juga masih belum seperti yang diharapkan, untuk itu melalui Monev ini diharapkan adanya terjadi peninfkatan dalam pelaksanaan setiap program kerja PKK dikemudian harinya. 

Sebagaimana yang diinformasikan pada Tahun 2023 ini kegiatan Monev ini hanya dilaksanakan di Tingkat Kabupaten saja, dan akan dilaksanakan secara berkesinbungan pada setiap tahunnya sebagai upaya pembinaan intensif bagi semua pengurus dan kader PKK.


Kegiatan Monev juga mengagendakan sesi tanya jawab bagi semua pengurus TP PKK Kabupaten Kampar dan TP PKK dari Kecamatan.***

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama