Basarnas Cilacap Gelar Pemasyarakatan potensi SAR Kepramukaan di Embung Banteran Banyumas


Banyumas, (potretperistiwa.com) -
Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap menggelar kegiatan Pemasyarakatan Potensi SAR Kepramukaan untuk memperkenalkan anggota pramuka terkait substansi Basarnas, Minggu (19/11/2023).


Kegiatan yang bertempat di Embung Banteran Kabupaten Banyumas ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa pada Minggu (19/11) pagi. Menurutnya, kegiatan pemasyarakatan Potensi SAR Kepramukaan ini merupakan ajang silaturahmi bagi Satuan Karya Pramuka yang berada di wilayah kerja Kantor SAR Cilacap.


Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini guna memberikan pengetahuan dan keterampilan pencarian dan pertolongan khususnya bidang water rescue bagi siwa dan siswi dari berbagai sekolah yang tergabung dalam Satuan Karya serta memperkenalkan Satuan Karya SAR yang dinaungi oleh Basarnas.


Sebanyak 91 orang peserta dari berbagai Satuan Karya Pramuka ini mendapatkan materi dan praktek serta simulasi terkait pencarian dan pertolongan di atas permukaan air (water rescue). 


"Dengan memahami potensi SAR Kepramukaan, kita juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi agen perubahan dalam lingkungan sekitar. Melalui pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan, dan menjari sumber inspirasi dan pertolongan bagi orang lain yang membutuhkan," ujarnya.****(kusnanto)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama