Bakti Sosial, PMI Cilacap Gelar Khitanan Masal



Cilacap, (Potretperistiwa.com) - PMI Cilacap  menggelar Bakti sosial mengadakan khitanan masal di klinik Pratama PMI kabupaten Cilacap dislarang kesugihan, Kamis (14/12/2023. Bakti sosial khitanan massal ini diperuntukkan khusus anak-anak di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. 


Khitanan mssal diikuti anak-anak dari 8 wilayah, dengan peserta sebanyak 66 orang. 


"Yang dapat ditangani dan selesai dikhitan sebanyak 60 anak, karena sisanya yang 4 orang mengundurkan diri. Sedangkan yang 20 orang tidak bisa dilayani karena ada kelainan sehingga  dirujuk ke RSUD Cilacap," kata U'ong Suparno, ketua panitia bakti sosial PMI. 


Khitanan massal ini berjalan dengan aman, dan kegiatan ini sudah biasa dilakukan oleh PMI. Jadi, setiap hari Jumat di sini (Klinik PMI) biasa dilakukan khitanan. "Masyarakat yang akan dikhitan di sini diberikan bantuan berupa baju, sarung, uang saku, dan sembako," kata U'ong. 


U'ong mengatakan tujuan bakti sosial ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. 


Dokternya dari rumah-rumah sakit mitra PMI. Ada dari RSUD, RSI, dan dari rumah sakit terdekat dengan pengawasan dari dinas teknis yaitu Dinas Kesehatan. 


Dari PMI melakukan briefing kepada mantri-mantri di sini. Dan bakti sosial ini sudah diprogram. Yaitu program PMI melalui musyawarah kerja kabupaten (Mukerkab). 


Program tersebut dilaksanakan satu kali dalam satu tahun. Adapun 8 wilayah tersebut yaitu Kawunganten, Jeruklegi, Maos, Adipala, Kroya, dan paling banyak adalah Kesugihan, lalu Cilacap Selatan, dan Cilacap Utara, total ada 32 orang.


"Kuota sebenarnya ada 40, namun membludak sampai 60 orang. Khitanan massal ini tidak ada kriteria khusus. Yang penting masyarakat Kabupaten Cilacap," kata U'ong***(Anan)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama