Pasca Pembukaan Pintu Pelimpahan PLTA, Sejumlah Ruas Jalan Tergenang Banjir


Kampar, (potretperistiwa.com) - Pasca dibukanya pintu pelimpahan air atau Spillway oleh pihak PLTA Koto Panjang pada Selasa (19/12/2023) sejumlah ruas jalan mulai digenangi banjir.


Salah satunya di Desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar Riau, tepatnya di Bonca Labi menuju Kantor Desa Sendayan. Dimana pantauan Pewarta Media ini jalan di Bonca Labi sudah digenangi banjir dengan ketinggian mencapai 30 cm.


Meski ketinggian air sudah mencapai 30 cm, namun pengendara tetap nekat melewati jalan tersebut.


” Masih bisa dilewati, memang ada juga hondanya yang mati saat melewati jalan banjir ” ujar Reva salah satu pengendara.


Reva menyebutkan ketinggian air berkisar 30 - 40 cm. Kemarin belum digenangi air, banjir juga diakibatkan meluapnya air sungai Kampar pasca ada penambahan pembukaan pintu pelimpahan PLTA Koto Panjang siang tadi. 


“Luapan Air Sungai Kampar, karena intensitas hujan cukup tinggi akibat debit air di PLTA Koto Panjang meningkat , sehingga pihak PLTA membuka pintu spill way sebesar 5 pintu x 110 cm” ucap Reva.


Ditempat terpisah Fendi mengatakan, bahwa untuk saat ini khususnya di Kampar Utara untuk rumah warga belum ada yang terendam banjir. ” Kalau rumah belum ada terendam banjir hanya jalan yamg sudah digenangi, kita berdoa saja mudahan banjir tidak makin parah, dan air sungai PLTA Koto Panjang bisa normal kembali ” tuturnya 


Fendi juga mengingatkan, agar masyarakat  tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Jangan sampai nanti ada korban, kita harap masyarakat selalu waspada, pungkasnya.***(Jon).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama