Desa Sungai Linau 18 Hari digenangi Banjir, Warga Gotong Royong Bersihkan Parit


Siak, (potretperistiwa.com) - Puluhan Kepala keluarga Desa Sungai Linau dilanda bencana banjir pada awal Januari 2024. Warga terpaksa Mengungsi karena rumah  mereka masing masing sudah terendam air.


Keterangan dirangkum tim media ini,genangan banjir yang melanda Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis kali ini tergolong banjir berat, puluhan rumah nyaris tenggelam tepatnya di Dusun Sena Desa Sungai Linau RT 008 RW 004.


Korban terendam banjir sebanyak 52 orang, 18 KK, di ungsikan tinggal di rumah Paijo Riswandi. Kondisi banjir yang ketinggian kurang lebih150 cm, bencana ini tidak terelakkan.


Warga diterpa kerugian materi dan immaterial yang meringankan penderitaan warga itu untunglah ada bantuan sembako diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Sementara kondisi banjir yang melanda Desa ini selama 18 hari wargapun melalui musyawarah dan akhirnya gotong royong membersihkan parit yang ada di desa tersebut.


Pelaksanaan pencucian parit dipimpin oleh Paijo Riswandi dan Rian tetapi ada juga bantuan alat berat dari PT. SMA (Surya Mandiri Agung)  pimpinannya Hendri. Dimana batuannya yaitu Excavator/Beko dan ada juga bantuan Beko milik Paijo Riswandi sehingga pencucian parit berlangsung dengan baik Airpun langsung berlangsur surut, ujar Paijo Riswandi yang peduli pada masyarakat tersebut.


Disebut Paijo, posko pengungsian ada  4 tempat,posko induk,posko pedusunan,dan di rumah Paijo Riswandi.


Dikatakan,pencucian  Parit secara Swadaya masyarakat itu, dimulai tanggal 12 januari sampai tanggal 14 januari,.(Sabtu,Minggu,Senin) tiga hari tuntas ujarnua


” Sebanyak 18 KK yang ngungsi bisa kembali mengemas rumahnya masing masing ”terang Paijo Riswandi mengakhiri.***


Sumber : Paijo Riswandi/ ROS

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama