Buruknya Pelayanan PDAM Tirta Raja OKU, Dirut : Berikan Diskon 50 Persen untuk Pelanggan Bulan Maret dan April



Sumsel, (poretpetistiwa.com) - Direktur Utama PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU Drs.Bertho Darmo Pujo Asmanto merespon keluhan sebagian masyarakat Kelurahan Talang Jawa dan Kelurahan Air Gading Kecamatan Baturaja Barat yang Mendatangi kantornya untuk mengadukan buruknya pelayanan perusahaan air minum Tirta Raja, Selasa, (16/4/24). Di depan puluhan warga, Bertho sapaan akrab Dirut PDAM ini akan menyanggupi tuntutan warga yang kecewa lantaran sering nya air tak mengalir ke beberapa wilayah tersebut sejak beberapa bulan terakhir.


PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan memberikan diskon pembayaran tagihan PDAM pada bulan Maret dan April 2024 sebesar 50 persen khusus bagi warga air gading dan Talang Bandung di Kecamatan Baturaja Barat. Hal itu di berikan sebagai bentuk dispensasi atas keluhan masyarakat dua kelurahan tersebut yang megeluhkan layanan distribusi air bersih PDAM Tirta Raja yang kerap macet.


“Tadinya Masyarakat meminta untuk di gratiskan pembayaran air selama 2 bulan yakni untuk bulan Maret dan April. Namun, ini kan uang negara, tidak bisa begitu. Makanya kita berikan solusi yakni diskon 50 persen dan di sepakati. Kemudian, kita akan turun kelapangan untuk mengecek dimana permasalahannya terkhusus di wilayah Air Dading dan Talang Bandung,” kata Bertho.


Dan diakuinya layanan PDAM Tirta Raja belum maksimal, namun pihaknya terus melakukan pembenahan baik dari segi peralatan, Manajemen dan tata kelola pelayanan, bahkan pihaknya telah mengupayakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan kinerja PDAM Tirta Raja.


“Sejak saya Menjabat sebagai Dirut PDAM Tirta Raja saya sudah melakukan beberapa upaya dan langkah untuk melakukan pembenahan agar pelayanan lebih maksimal dan lebih baik lagi, bahkan beberapa upaya sudah kami lakukan. secepatnya kiita lakukan pembenahan. Kita juga telah mengupayakan kerjasama dengan berbagai pihak insyallah dalam waktu dekat kita akan lakukan kerjasama untuk pengolahan air bersih, kita akan tingkatkan kualitas pelayanan dan kualita air serta memaksimalkan Kualitas dan kuantitas air agar distribusi air di kab.oku dapat lancar,” jelasnya.


Sementara itu keluhan dari beberapa warga yang datang untuk bersilaturahmi tersebut, Bertho Mengatakan akan terus melakukan pembenahan pihaknya telah melakukan perbaikan bahkan dirinya telah turun kelokasi untuk mengecek secara langsung dan mencari solusi agar layanan pendistribusisn air di seluruh wilayah bisa dapat lancar.


“Namun untuk pemberian dan menggratiskan pembayaran kami masih banyak dan punya pertimbangan sendiri apa lagi ada air yang sudah di pakai dengan distribusi yang kita lakukan bahkan kami juga punya beban moral terhadap perusahaan yang merupakan milik Daerah jadi tadi sudah kita sepakati bersama bahwa di beberapa desa untuk masyarakat kita berikan diskon pada tagihan untuk bulan Maret dan April sebesar 50 Persen, nah bagaimana jika sudah terlanjur membayar maka akan di berlakukan untuk bulan berikutnya,” jelasnya.


Dan sebelumnya puluhan Masyarakat yang datang dari kel.Air Gading dan Talang Jawa mendatangi kantor PDAM untuk memprotes buruknya pelayanan PDAM. Karena menurut warga hal itu membuat mereka harus menambah  kocek yang lebih dalam untuk membeli air lagi.


“sementara pada Bulan Februari hanya hidup 4 kali, Bulan Maret mengalir cuma 3 kali namun kami terpaksa beli air tedmon, bahkan dalam sebulan bisa sampai 4 dan 5 kali beli air.sedangkan tagihan rekening Air tetap harus di bayar. Begaimana ini kewajiban kami sudah kami laksanakan sementara hak kami tidak di penuhi,” kata Mukti warga yang ikut dalam kegiatan itu.


Dan untuk harapan ke depannya kami warga meminta kepada pihak PDAM untuk dapat memaksimalkan layanan distribusi air bersih terutama untuk kawasan yang tinggi yang harus menggunakan cara khusus dalam distribusi air.


Bahkan warga meminta agar mesin pompa yang kerap rusak di ganti sehingga warga bisa menerima distribusi air dengan baik dan lancar,Harapnya.***(Arief).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama