Warga Bersama Koramil Perbaiki Akses Jalan Usaha Tani


 

Cilacap, (potretperistiwa.com) -  Anggota TNI Koramil 13/Majenang  bergotong royong bersama warga perbaiki Jalan Usaha Tani Cimanyu di RT 02 RW 16 Desa Pahonjean, dengan melakukan pengerasan jalan, memasang batu makadam sepanjang 1000 meter × 1,5 meter, Rabu (25/8)


Jalan Usaha Tani tersebut sering dilalui petani setempat sebagai sarana transportasi untuk mengangkut hasil bumi. Namun, kondisi jalan tanah yang labil ditambah kontur tanah yang licin saat musim penghujan menjadi penghambat bagi petani menggunakan akses jalan tersebut.


Danramil 13/Majenang melalui Pelda Muryanto menjelaskan, karya bhakti ini dilakukan atas dasar keluhan dari para petani di Desa Pahonjean dalam hal ini Kelompok Tani (Poktan) Cimanyu, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Desa Pahojean. Selama ini jalan tersebut kondisinya masih tanah liat 


"Dengan adanya musim kemarau, pengerjaan  pengerasan jalan dirasa cukup tepat, dengan harapan saat musim penghujan nanti, akses jalan sepanjang 1000 meter ini sudah dapat digunakan dan manfaatnya segera dirasakan oleh para petani," tutur nya.


Lanjut Muryanto, meskipun tidak terlalu lebar, hanya selebar 1,5 meter, namun dengan adanya jalan yang diperkeras ini akan mampu memperlancar transportasi warga.


"Terutama para petani yang menggunakan jalan tersebut baik untuk aktifitas sehari-hari terutama saat musim panen untuk mengangkut hasil pertanian," imbuhnya.


Dengan adanya karya bhakti ini, menjadi sarana bagi TNI Koramil Majenang untuk menjalin silaturahmi dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat di Desa Pahonjean. 


"Mungkin ini yang bisa kami perbuat untuk membantu kesulitan rakyat," kata Pelda Muryanto. 


Sementara itu, Ketua Gapoktan Mekar, Rasidan mewakili para petani Desa Pahonjean mengucapkan terima kasih atas kontribusi anggota Koramil Majenang dalam membantu pengerjaan pengerasan jalan di wilayahnya.


"Kami merasa kehadiran bapak TNI ini menjadi motivasi bagi kami, sehingga warga menjadi bersemangat dalam bekerja. Harapan kami semoga jalan yang sedang dibangun ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya warga Desa Pahonjean," ungkap nya,***(Afison Manik)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama