IZI Riau Bangun Sumur Bor Untuk TPQ AT - Thaibah Desa Sungai Tonang


Kampar, (potretperistiwa.com) - Taman Pendidikan Al-Qur'an (disingkat TPA atau TPQ) merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam.

Dalam pertumbuhan TPA/TPQ, tentunya membutuhkan beberapa Faktor, baik dari segi Tenaga Pendidik dan takkala pentingnya faktor pendukung sarana prasaran baik gedung belajar  serta Sumber mata Air atau sumur yang digunakan baik untuk sarana MCK dan paling penting untuk tempat berwudhu para santri - santriwati.

Hal itulah yang dibutuhkan oleh Taman Pendidikan Alquran TPQ At - Thaibah yang terletak di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar - Riau. Dimana sejak berdirinya TPQ AT - Thaibah pada Tahun 2019 untuk sarana sumur belum ada sehingga menyulitkan para santri untuk mengambil Wudhu.

Melalui hal tersebut Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau
memberikan bantuan dengan Membangun Sumur Bor untuk TPQ At-Thaibah.

Saat ini kurang lebih ada 50 santri yang aktif menimbah ilmu di TPQ At-Toyyibah. Meski sarana prasarana penunjang belum memadai, anak-anak setempat cukup antusias belajar Alqur'an.

Untuk saat ini pengajar dan pengurus menganjurkan santrinya berwudhu di rumah masing-masing. Hal tersebut tentu bukan solusi jangka panjang, mengingat wudhu bisa batal sewaktu-waktu, karenanya kebutuhan sumber air dan toilet amat sangat penting. 

Setelah Sumber Air bersih ini didapat maka melalui IZI Riau TPQ At-Thaibah akan membangun Tempat Wudhu' dan WC untuk Masyarakat Sekitarnya, ujar Abdul Ghofur selaku Team Lapangan dari IZI Riau kepada Awak Media pada Rabu (19/1/2022).

Sementara itu Ketua TPQ At-Thaibah Zali Pauzan dalam kesempatanya menyampaikan ucapan Terimakasih karena sudah memberikan Harapan untuk Anak-anak dan Masyarakat setempat untuk bisa lebih memajukan serta memakmurkan TPQ At-Thaibah kedepannya.

 selaku pengurus mengungkapkan rasa syukur atas bantuan sumur bor tersebut.  “Alhamdulillah kami segenap pengurus dan para santri sangat bersyukur dengan bantuan sumur bor ini.  Semoga Allah SWT membalas kebaikan IZI Riau dan donatur dengan kebaikan pahala yang terus mengalir,” ucap Ketua TPQ yang biasa disapa Fauzan.

Dalam kegiatan tersebut tampak di Hadiri oleh Kepala Dusun I Sungai Tonang Masriadi, Ketua RW II dan Ketua RT II tempat TPQ berada.*****(Red).
Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama