Bupati Rohil Ekspose Persiapan MTQ ke XL Provinsi Riau


Rokan Hilir, (potretperistiwa.com) - Ekspose Bupati Rokan Hilir Afprizal Sintong S.IP tetang persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Al Quran (MTQ) ke XL tingkat Provinsi Riau  di Bagan Siapi Api serta langsung memutuskan  pelaksanaan nya  tanggal 24 Juli Tahun 2022. Adapun tema MTQ XL tingkat Provinsi Riau " Kita Bangun Generasi Qurani yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah Menuju Riau yang Beradab dan Bermartabat"


Dalam ekspose penyelenggaraan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau ini dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar. M.Si, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman Azhar, Sekda, Asisten  LPTQ Prrov Riau, Ahmadsyah Harofie, Staf Ahli Provinsi Riau dan Kadiskominfotik Rokan Hilir Indra Gunawan


Saat pembacaan expose tentang persiapan pelaksanaan  MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022 Oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan MTQ ke XL adalah SK Gubri No. Kpts. 1195/VII/2020 tentang Penunjukan Sebagai Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau, SK Bupati Rohil No.186 tahun 2022 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara dan Petugas Musabaqoh Tilawatil Qur’an XL Tingkat Provinsi Riau dan Surat LPTQ Riau Nomor : 016/LPTQ-Riau/IV/2022 Hal Petunjuk Teknis Penyelenggaran MTQ XL Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022.


Mengenai  pembangunan Astaqa MTQ dari utusan dari masing - masing Kabupaten, Gubernur Riau Drs.H.syamsuar ,M.Si berpesan tidak perlu terlalu megah, namun yang terpenting produk didalamnya harus lebih mengedepankan inovasi yang dikemas dalam bentuk digitalisasi. Apalagi zaman sekarang, promosi produk lebih cendrung ke era digitalisasi. 


Penyelenggaraan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau ini, harus benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, sebagai ajang promosi daerah, mulai dari promosi pariwisata, promosi UMKM, serta dijadikan sebagai peluang untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat.


Kegiatan MTQ ke X tingkat Provinsi Riau tahun 2022 ini, terdapat 9 Cabang yang akan diperlombakan, jumlah itu adalah total peserta untuk perlombaan individual dan kelompok. Cabang perlombaan individual adalah Cabang Tartil untuk golongan Cacat Netra. Kemudian Cabang Tilawah untuk Golongan Remaja dan Golongan Anak-Anak. Cabang Tilawah golongan Dewasa dan Golongan Qirsab Mujawwad Dewasa. Cabang Tahfiz Golongan 1 Juz dan Tilawan dan Golongan 5 Juz dan Tilawah


Selanjutnya Cabang Tahfiz dengan Golongan 10, 20 dan 30 Juz. Cabang Tafsir Golongan Bahasa Indonesia, Golongan Bahasa Arab, Golongan Bahasa Inggris. Kemudian Cabang Syarhil,  Regu Putra dan Regu Putri. Kemudian Cabang Khat/Kaligrafi Golongan  Naskah, Golongan Dekorasi, Golongan Hiasan Mushaf dan Golongan Kontemporer. Terakhir Cabang Hadist untuk Golongan 100 Hadis dan Sanad dan Golongan 500 Hadis tanpa Sanad.***(Musmulyadi/Bima).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama