Fenomena “Twitter, Please Do Your Magic”, Mantra yang Memberi Keajaiban Bagi Netizen


Malang, (potretperistiwa.com) - Kehadiran internet memberikan perubahan besar dalam kehidupan manusia. Internet menyediakan banyak hal yang ditawarkan untuk memberi akses kemudahan bagi penggunanya, salah satunya adalah hadirnya media sosial.


Media sosial merupakan suatu platform digital yang memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk melakukan komunikasi jarak jauh atau membagikan konten. Ada banyak sekali platform digital yang bermunculan dengan berbagai fitur-fitur yang ditawarkan. Salah satu media sosial yang menarik perhatian adalah Twitter.


Pengguna Twitter di Indonesia mencapai angka 18,45 juta dan menempatkan Indonesia sebagai pengguna Twitter terbanyak ke-5 di dunia. Dapat dikatakan bahwa Twitter merupakan salah satu media sosial yang kepopulerannya masih bertahan hingga saat ini meskipun maraknya kemunculan media sosial dengan fitur yang update.


Fitur trending topic yang ditawarkan oleh Twitter menjadi hal unik sekaligus menarik. Seseorang yang tidak ingin ketinggalan pembahasan yang lagi banyak diperbincangkan warganet memanfaatkan fitur ini agar dirinya bisa terus mengetahui perkembangan topik yang sedang marak dibicarakan. Ini merupakan salah satu alasan banyaknya netizen yang tertarik menggunakan Twitter.


Selain itu, kehadiran fitur ini juga menghadirkan suatu fenomena baru yang sering kita dengar dengan “Twitter, please do your magic”. Kalimat yang didengar sederhana namun bisa memberikan dampak yang luar biasa. Cuitan tersebut biasanya digunakan oleh netizen untuk mendapatkan pertolongan dari pengguna twitter, apalagi pengguna twitter di Indonesia merupakan salah satu yang terbanyak di dunia.


Postingan yang menggunakan kalimat tersebut banyak mengundang simpati dari netizen dalam menyebarkan kebaikan. Melalui kolom like, comment, dan share maka postingan tersebut menjadi ramai diperbincangkan.  Banyak kasus yang berhasil mendapatkan pertolongan dari penggunaan kalimat “Twitter, please do your magic” dalam postingan netizen.  Salah satu manfaat dengan menggunakan cuitan tersebut dirasakan oleh akun pengguna Twitter berinisial I. Ia melakukan penggalangan dana untuk seorang temannya yang terkena musibah kebakaran. Postingannya dengan mantra “Twitter, please do your magic” ini berhasil menarik simpati pengguna twitter dengan jumlah  komentar sebanyak 178, retweet sebanyak 4.146, dan like sebanyak 8.688 dalam kurun waktu 2 hari.


Dibalik banyaknya kebaikan yang bertebaran dalam postingan yang mencantumkan kalimat “Twitter, please do your magic”, tidak dapat dipungkiri juga bahwa ada beberapa orang yang memanfaatkan simpati netizen untuk meraup keuntungan secara tidak bertanggung jawab. Kasus yang sempat viral adalah postingan dari akun berinisial S. Ia memanfaatkan kalimat “Twitter, please do your magic” untuk menarik simpati netizen dengan menceritakan bahwa ibunya mendapat banyak orderan namun dibatalkan oleh pihak yang memesan. Kenyataan yang sebenarnya terjadi adalah akun tersebut menggunakan foto yang diambil dari sebuah akun Facebook. Hal ini diungkapkan oleh pengguna akun Twitter berinisial M.  Sayangnya, sudah banyak sekali netizen yang terbuai rasa simpati oleh postingan akun berisial S.


Fenomena “Twitter, please do your magic” pada dasarnya muncul untuk membantu banyak orang yang membutuhkan pertolongan. Tetapi, kita juga tidak dapat mencegah orang lain yang berniat buruk, sehingga yang perlu kita lakukan adalah lebih teliti dan berhati-hati dalam menyebarkan kebaikan.***(Nanda Triyani, Mahasiswi  Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang).



Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama