Pembangunan SMAN 9 Mandau Dikhawatirkan Roboh Akibat Kekosongan Daging Beton Balok


 

Duri, (potretperistiwa.com) - Pembangunan pekerjaan Konstruksi penambahan RKB SMAN 9 Mandau Bengkalis yang bersumber dana dari APBD Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Riau dengan nilai Rp. 659. 331. 573, 00. untuk tiga ruang kelas lokal baru SMAN 9 Mandau sudah dimulai kegiatan pengerjaannya pada pondasi. Namun ditemukan diduga adanya kekosongan daging beton semen coran pada balok pondasi dan keretakan di sejumlah balok pondasi bangunan pada pengecoran beton balok pondasi tersebut, diduga telah terjadi Segregasi atau pemisahan agregat kasar dari adukannya akibat campuran yang kurang baik atau tidak mengikuti aturan adukan semen coran beton yang standar  K1 sesuai yang tertera pada gambar bangunan tersebut. 


Menurut beberapa Arsitektur yang menulis dan disusun oleh: Arsitur Studio (2020) pada artikelnya, Pondasi adalah bagian vital dan salah satu yang paling penting dari sebuah bangunan, karena memang struktur paling bawah dari sebuah rumah ini berfungsi menahan beban bangunan. Jika pondasi tidak standar atau tidak stabil dan pondasinya asal-asalan, tidak sesuai aturan maka bangunan kurang kokoh dan stabil, terjadi pergerakan dasar bangunan yang mengakibatkan dinding pecah karena pondasi amblas. Yang paling fatal adalah apabila sampai terjadi keruntuhan bangunan akibat pondasi tidak mampu menahan beban diatasnya. 

Dijumpai salah satu buruh tenaga rangkai ikat besi untuk pekerja balok pondasi bangunan lokal baru SMAN 9 Mandau, J (63) pada Rabu (31/8/2022) kepada wartawan menerangkan, kami tidak tau pasti berapa ukuran untuk besi tapak gajah tersebut, karena besi tapak gajah itu barang sudah jadi dan sudah di rangkai langsung di Pekanbaru, kemudian baru di kirim ke Duri untuk pemasangannya, ujarnya.


Hari yang sama juga dimintai keterangan dari UPT Pendidikan SMAN 9 Mandau Delfi mengatakan, dari awal saya sudah menyampaikan agar di kerjakan supaya pembangunan ini harus dikerjakan sesuai dengan bestek yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam tendernya, tutur Delfi.


Ditempat berbesa kepala rombongan atau kepala tukang pembangunan SMAN 9 Mandau, A (30) mengatakan, kami tidak pernah menghitung berapa jumlah batu kerikil dan pasir yang kami masukkan ke dalam molen mesin adukan semen coran balok ini, yang pasti satu molen lah sebutnya.


Dikonfirmasi kepada CV. Alam Anugrah sebagai kontraktor pelaksana pekerjaan Konstruksi penambahan RKB SMAN 9 Mandau yang bersumber dana dari APBD Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Riau dengan nilai Rp. 659. 331. 573, 00. yang diwakili oleh Eko Vin mengatakan, Ooohhh iya pak amir salam kenal ya pak.. 


Kalo kwalitas dan pekerjaan insya Alloh kita kerjakan sesuai dengan peraturan standar bangunan indonesia.. 


Kalo ada yg terlihat seperti adanya pengecoran yang berlobang sehingga terlihat besinya mungkin hanya human error dalam pekerjaan tukang saja namun tidak mempengaruhi kekuatan struktur secara keseluruhan. Mengingat bangunan hanya satu lantai dan struktur yang sudah berlebih untuk perhitungan bangunan satu lantai.. 


Terimakasih telah ikut memantau pak... mudahan menjadi introspeksi kami,


Ya kalo ada yg kurang kurang dikit maklum aja lah pak Amir ... namanya tukang di.lapangan.. kadang dah di bilang betul namun ada salah dikit juga.


Kemudian setelah Eko mengirim jawabannya ini kepada wartawan, lalu pesan chat WhatsApp nya di hapuskan kembali oleh Eko tersebut.***(Tim).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama