Tingkatkan Kapasitas Manajemen, BumDesa se-Kecamatan Kunto Darussalam Gelar Pelatihan


Rokan Hulu, (potretperistiwa.com) -
 Dalam rangka meningkatkan  kapasitas manajemen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Pengurus BumDes se - Kecamatan Kunto Darussalam, menggelar oelatihan yang dilaksanakan di kantor Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu - Riau, Kamis, (6/10/2022).


Pelatihan peningkatan kapasitas  manajemen Bumdes se - Kecamatan Kunto Darussalam yang dipimpin oleh Soleman selaku pihak BKAD Kunto Darussalam,   di hadiri oleh  Kepala Desa dan Ketua BPD, se- Kecamatan Kunto Darussalam, pihak Bumdes dengan mengutus 4 orang di 9 desa, yang terdiri dari jajaran Direktur, Sekretaris dan Bendahara BUMDesa dan perangkat desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Desa (DPMPD) Kabupaten diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat(PUEM) Afriadi, Camat Kunto Darussalam RUSLAN dan UPK Kapolsek AKP Fandri SH Danramil diwakili oleh Sudarmin.


Kabid PUEM Afriadi dalam kesempatannga menyampaikan bahwa Bumdes haruslah memiliki pengurus yang memiliki jiwa enterprenuer dan kuat dalam sisi pemberdayaan melalui Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Pedesaan (PUEM). Bahwa penyertaan modal BUMDes yang berasal dari Dana Desa (DD) ini, diharapakan agar Desa bisa menghasilkan PAD bagi Desa tersebut. Sehingga BUMDes merupakan “corong” untuk kemandirian Desa, ujar Afriadi.



Ditempat yang sama Camat Kunto Darussalam Ruslan, mengatakan dengan diadakannya pelatihan kapasitas manajemen Bumdes ini diharapkan kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan secara sungguh sungguh sehingga  ilmu yang disampaikan dari Nara sumber dapat diserap dengan baik  dan diaplikasikan. 


" Kedepan Bumdes lebih maju lagi. Serta memberikan apresiasi kepada pengurus BKAD Kunto Darussalam  yang telah melakukan kegiatan pelatihan ini,  karena pelatihan ini dilakukan lebih awal dibandingkan dengan BKAD lainnya " harap Camat.


Masih katanya, untuk Pengurus harus memahami seluk beluk bisnis, manajemen dan pemberdayaan, sehingga pengelolaan aset desa seperti halnya Bumdes ini bisa terus berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian di desa, beber Ruslan.


" Jika pengelolaan Bumdes optimal, maka desa akan menjadi desa yang mandiri. Bumdes sebagai salah satu mitra pemerintah desa dalam mewujudkan rencana-rencana pembangunan perekonomian ekonomi dituntut mampu menyediakan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan usaha. "Harus kita pahami bersama, Badan Usaha Milik Desa adalah usaha yang dibentuk/didirikan oleh pemerintah desa yang kepemilikan modal dan pengelolaanya dilakukan oleh pemdes dan masyarakat," Jelasnya.***(Robby Bangun)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama