2 Hari Menjelang Ramadhan, Warga Dusun Sangkar Puyuh Gelar Perlombaan


Kampar, (potretperistiwa.com) - Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim memiliki berbagai tradisi jelang Ramadhan. Bukan hanya kata-kata menyambut bulan Ramadhan saja yang ramai, tradisi khas menjelang bulan Ramadhan juga enggak kalah ramai.


Tradisi-tradisi ini bisa ditemui di hampir semua penjuru tanah air. Tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun ini masih terpelihara sampai sekarang. Seperti di Kabupaten Kampar - Riau.


Masyarakat Kabupaten Kampar sebelum memasuki Bulan suci Ramadhan, mereka (red-warga) menggelar 'potang balimau kasai'. 


’Potang Balimau Kasai’ adalah kegiatan mandi dengan limau dengan kepercayaan sebagai pembersihan sebelum bulan puasa. Selain itu juga dilakukan berbagai perlombaan pesta rakyat. Seperti yang dilakukan oleh warga Dusun Sangkar Puyuh Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar - Riau.


Pada Selasa (21/3/2023) masyarakat Dusun Sangkar Puyuh menggelar pesta rakyat. Adapun perlombaan yang dilakukan adalah panjat batang pinang, gigit sendok, pacu lari dan lain - lainnya.


Dalam pelaksanaan perlombaan tersebut tampak antusias warga Dusun Sangkar Puyuh, mereka bersorak - sorak menyaksikan  perlombaan tersebut.


Ketua Pemuda sekaligus Ketua Panitia Potang Balimau Yusrizal kepada Media mengatakan,” kegiatan bernuansa religi ini merupakan tradisi peninggalan turun temurun sejak dahulunya yang digelar di Dusun Sangkar Puyuh.


” Sudah lama dilaksanakan, 2 hari menjelang Puasa kami masyarakat menggelar Balimau Kasai sekaligus beberapa perlombaan atau pesta rakyat ” ujarnya.


Ia menerangkan tradisi Balimau kasai serta berbagai perlombaan ini sangat bagus dan unik untuk dikunjungi, disini kita bisa berkumpul bersama -sama bersilaturrahmi dengan warga serta keluarga yang pulang dari perantauan.


” Ini merupakan tradisi kearifan lokal yang patut dilestarikan sekaligus untuk bermaaf - maafan," kata Yus yang sehari-harinya bekerja sebagai pembeli Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit.***(Zulhermis).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama