Pj.Bupati Kampar Membuka Rapat Pleno I TPKAD Sekaligus Penyerahan Kredit Kepada UMKM


ADVERTORIAL PEMKAB KAMPAR

Bangkinang, (potretperistiwa.com) -  Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM menghadiri sekaligus membuka secara langsung acara rapat Pleno ke I percepatan akses keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Kampar tahun 2023 dan sosialisasi dan penyerahan secara simbolis kredit Kepada UMKM balai Bupati Kampar Bangkinang Kota, Rabu (29/3).


Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya oleh Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Riau Dr. Jhon Armedi Pimen, ST,MT, Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau (Bagian Pengawasan IKNB, PM dan EPK) Yunita Andriani, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kampar Sehermi.ST, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kampar Zamhur.ST, Pimpinan OPD Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Pimpinan Perbankan di Wilayah Kabupaten Kampar, Ketua Forum UMKM Kampar Dr. Zulher.MS dan Pelaku UMKM di Kabupaten Kampar.


Pj.Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM menyampaikan titik berat pembangunan  kita saat ini diantaranya adalah mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masyarakat. untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang harus kita lakukan antara lain dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan. akses keuangan menjadi syarat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Daerah, akses kepada produk dan layanan jasa keuangan seperti tabungan, kredit, asuransi, dana pensiun dan fasilitas pembayaran akan sangat membantu, khususnya bagi masyarakat yang berpendapatan rendah.  

Ketersediaan akses keuangan bagi masyarakat pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional. 


Hal ini merupakan salah satu terobosan pemerintah dalam membuka akses keuangan yang produktif bagi masyarakat di daerah.  untuk itu dalam pelaksanaannya diperlukan sinergi antara Pemerintah Daerah, lembaga jasa keuangan dan seluruh stakeholder terkait guna bersama-sama membangun ekonomi Daerah, menggali potensi ekonomi daerah melalui pemanfaatan produk dan layanan jasa keuangan. sejalan dengan hal tersebut hal ini juga merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan indeks inklusi keuangan indonesia.


Keberadaan TPAKD menjadi posisi strategis dalam melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi di Daerah.untuk itu, kami meminta kepada TPAKD Kabupaten Kampar agar  segera menyusun program- program yang mengarah pada terwujudnya akses keuangan yang seluas-luasnya dan berupaya mencari terobosan atau inovasi dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di Kabupaten Kampar.  

Tidak dapat dipungkiri bahwa keuangan atau permodalan menjadi syarat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Daerah. Selain itu tingkat kesejahteraan sebuah daerah dan negara dapat diukur dari seberapa mudah masyarakatnya terutama di wilayah pedesaan dalam mengakses produk-produk jasa keuangan. 


Sehubungan hal tersebut,  marilah kita jadikan TPAKD ini sebagai akselerator dalam rangka mendorong ketersediaan dan pemanfaatan akses keuangan formal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat di daerah guna pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Kampar.


Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya untuk kemajuan sektor perikanan di antaranya pada Sektor Perikanan, Pemerintah Kabupaten Kampar telah melakukan kerjasama dengan Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPC Apindo) Kabupaten Kampar dan telah mendapatkan permintaan ekspor abon ikan patin ke Malaysia sebanyak 38 ton perbulan yang berawal dari penandatanganan kerjasama antara Business Strategy Profesional (BSP) Axon Consultancy SDN BHD Malaysia atau Apindo-nya Malaysia dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar berupa Letter Of Intent (LOI) tentang Kerjasama Bidang Pengembangan UMKM Sektor Industri Makanan dan Pariwisata Kabupaten Kampar.


Beberapa UMKM yang masuk daftar untuk dikembangkan dan dipasarkan ke luar negeri, seperti produk olahan nenas, ikan patin dan madu. Namun pada kegiatan ekpos di Malaysia pada 12 September 2022 yang lalu oleh BSP Axon Consultancy SDN BHD Malaysia, menjelaskan bahwa untuk saat ini yang siap untuk diedarkan di pangsa pasar luar negeri adalah abon ikan patin.


Pj.Bupati Kampar juga menambahkan dengan kebersamaan kita bisa bangkit dari berbagai persoalan yang ada. Kepedulian masyarakat harus kita tingkatkan sesuai dengan program yang baru saja kita luncurkan yaitu masyarakat peduli tetangga, dimana ketika tetangga kesusahan maka kita harus membantunya sehingga tidak ada lagi tetangga yang kekurangan, apabila ada yang sakit segera lapor ke pihak Kecamatan, pihak Desa  atau bisa juga langsung ke saya sendiri agar langsung di tangani.****(Adv).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama