Pj.Bupati Adakan Penanda Tanganan MOU Kanwil DJPb Sumsel Dengan Pemkab


 

Sumsel, (potretperistiwa.com) - Pj.Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah Menghadiri acara kegiatan Penandatanganan Perpanjangan Nota Kesepakatan terkait Forum Kerjasama Koordinasi Peningkatan kualitas Pengelolaan Keuangan Negara Dalam Pelaksanaan Hubungan Keuangan Antara Kanwil DJPb Provinsi Sumsel dengan Kabupaten OKU, bertempat di Gedung Abdi Praja Pemkab OKU. Jum’at (26/05/2023).


Dalam acara kegiatan ini di laksanakan juga Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa oleh BPKP selaku penyelenggara dengan menghadirkan narasumber Bapak Bertumelas, ST.


Pada kesempatan ini, Pj Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa dalam mengamanatkan Pemerintah desa untuk lebih mandiri dalam mengelola Pemerintahan dan berbagai sumber daya alam yang di miliki oleh setiap Desa termasuk di dalam nya dalam pengelolaan keuangan dan kekayaan desa yang bersumber dari (PAD) /pendapatan asli desa dan pendapatan transfer berupa dana desa (DD)dan alokasi dana desa (ADD) serta bantuan keuangan dari APBD pemProv/pemKab.


Dengan adanya jumlah dana yang cukup besar dan semakin meningkat pada tiap tahunnya maka di perlukan pengelolaan keuangan desa yang akuntabel yang mana salah satu titik kritisnya adalah dalam proses pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan.


Selaku aparatur desa harus mampu memahami proses ini dengan baik.  oleh karenanya, semua dana yang telah di salurkan kiranya  dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan seluas-luasnya bagi kepentingan masyarakat dalam koridor tatanan aturan yang berlaku.


Di dalam pemakaian dan penggunaan dana desa yang sudah diatur dan di tetapkan oleh peraturan menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi republik indonesia nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas pemakaian dan penggunaan dana desa pada tahun 2023 yang perlu di pahami dan di patuhi dengan sebaik-baiknya.


Di harapkan juga kepada para kepala desa agar selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan baik bersama perangkat desa, termasuk aktif berkoordinasi dan berkonsultasi dengan camat dan instansi terkait sehingga tercipta hubungan kerja yang harmonis dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan di desa,”jelas Pj Bupati OKU.


Pj. Bupati OKU juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada BPKP selaku penyelenggara workshop dan nara sumber khususnya Bapak Bertumelas, ST, serta pihak-pihak yang telah berperan aktif dalam kegiatan ini dan khusus kepada nara sumber diberikan waktu seluas-luasnya untuk menyampaikan materi yang dapat memberikan pencerahan agar pelaksanaan pengelolaan dana desa di Kabupaten OKU dapat berjalan lebih baik lagi.


Pada akhir acara di lanjutkan dengan Penandatanganan Perpanjangan Nota Kesepakatan dan Penyerahan Plakat serta Cindra Mata terkait Forum Kerja sama koordinasi Peningkatan kualitas Pengelolaan Keuangan Negara Dalam Pelaksanaan Hubungan Keuangan Antara Kanwil DJPb Provinsi Sumsel Dengan Kabupaten OKU yang di Tanda Tangani dan di serahkan Langsung Oleh Pj Bupati OKU 


Turut hadir pada acara Sekda,Assisten I, II ,III, setda, BPKAD, Dinas PMD, camat & kades se kab.oku , Kabag umum ,Kabag humas,kabag Hukum,inspektorat, staf Bupati serta para tamu undangan lainnnya.***(Arief).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama