Unras Jilid 2 Masyarakat Gedong Tataan Akan ke Kantor ATR/BPN



Pesawaran, (Potretperistiwa.com) - Buntut penolakan PTPN  7 Way Berulu Gedongtataan, untuk dilakukan pengukuran ulang, terkait tuntutan massa aksi unjuk rasa  di Kantor ATR/ BPN Provinsi Lampung pada Kamis, 15/06/23) lalu, yang mendesak pihak BPN untuk segera melakukan pengukuran ulang  terhadap ratusan hektar lahan HGU kebun karet yang telah puluhan tahun dikuasai dan dikelola PTPN 7, diduga tampa bukti alas hak kepemilikan lahan yang sah.


Atas penolakan tersebut, sejumlah elemen masyarakat  Gedongtataan, akan melakukan unjuk rasa (UNRAS) jilid 2 ke Kantor ATR/ BPN Kabupaten Pesawaran, pada Senin (26/06/23)


Untuk merealisasikan rencana aksi tersebut, mewakili masyarakat Desa Taman Sari Kecamatan Gedong Tataan, melalui ketua korlap aksi, Sumara, telah menyampaikan surat pemberitahuan aksi damai jilid 2 ke kantor Polres Kabupaten Pesawaran provinsi Lampung yang ditembuskan ke Kapolda Lampung pada Jum'at (23/06/23)


" Benar, kami sudah sampaikan surat pemberitahuan ke Polres Pesawaran, untuk melakukan aksi damai ke Kantor ATR/BPN Pesawaran, pada Senin tanggal 26/6/23 nanti," terang Sumara.


"  Ada sekitar  lima ribu massa gabungan dari 19 desa yang ada di Kecamatan Gedongtataan, akan kami kerahkan untuk aksi jilid 2 ini," imbuhnya


Untuk tuntutan dalam aksi nanti kata Sumara, tetap sama mendesak kepada pihak BPN Pesawaran untuk secepatnya melakukan pengukuran ulang terhadap ratusan hektar lahan HGU tak bertuan, yang dikuasai secara sepihak oleh PTPN 7 Way Berulu tersebut.


" Kami di aksi nanti, tetap menuntut BPN untuk mengukur ulang lahan HGU tak bertuan tersebut. Kalau jawabannya tidak ada kepastian. Kami dan masyarakat akan  langsung menduduki lahan bermasalah itu, sampai ada keputusan yang bisa diterima oleh masyarakat Gedongtataan, itu saja," tegasnya.


Sedang terkait untuk rute yang akan di lalui massa aksi nanti sambungnya, direncanakan titik kumpul massa dilakukan di Desa Tamansari, Gedongtataan, sebelum ke kantor BPN Pesawaran, terlebih dulu massa akan di konsentrasikan di halaman depan Kantor Bupati Pesawaran.


" Ya, rute kita nanti titik kumpul massa aksi jilid 2 nanti, tetap di posko rakyat di Desa Tamansari, Gedongtataan, selanjutnya menuju Kantor Bupati untuk konsentrasi, lalu long march ke Kantor BPN Pesawaran, baliknya nanti langsung ke lokasi lahan HGU PTPN 7 bermasalah untuk kita duduki," pungkasnya. *** (lilis)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama