Ada Buaya Senyulong Muncul di Kampar, Ini Kata BKSDA Riau


Pekanbaru, (Potretperistiwa.com) - Buaya jenis Senyulong membuat heboh warga Desa Kuntu, Kabupaten Kampar. Hewan dilindungi itu muncul permukaan Sungai Subayang.


Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar, saat dihubungi Selasa (8/8).


"Benar kami menerima informasi adanya buaya jenis Senyulong, muncul di Sungai Subayang," kata Hansen Siregar.


Untuk tindakan kata Hansen Siregar, pihaknya bersama TNI-POLRI sudah turun ke lokasi melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan dan pemasangan plang.


"Petugas kami sudah turun melakukan sosialisasi, memberikan himbauan dan pemasangan plang," terang Hansen Siregar.


Menurut laporan yang ia terima, buaya yang hanya satu ekor berbeda dengan keterangan warga setempat yang muncul tiga ekor. "Tim yang turun melaporkan hanya satu ekor yang muncul," kata Hansen Siregar.


Hansen menjelaskan, penyebab buaya tersebut muncul, diperkirakan karena buaya tersebut akan bertelur di sekitar daratan tak jauh dari sungai.


Untuk mencegah konflik buaya dengan masyarakat setempat, pihaknya menghimbau untuk sementara waktu tidak beraktivitas dan mendekati sungai.


"Diperkirakan buaya itu muncul di permukaan sungai karena ingin bertelur di daratan sekitar sungai," kata Hansen Siregar.**


Sumber : Media Center Riau

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama