Penjabat Bupati Kampar Dampingi Gubernur Resmikan Jalan dan Salurkan BANKEU Khusus



Kampar, (potretperistiwa.com) - Penjabat (PJ) Bupati Kampar Muhammad Firdaus.SE.MM mendampingi Gubernur Riau Drs.Syamsuar.M.Si dalam acara peresmian jalan Simpang Muara Takus Dusun batas ruas jalan Rokan Pendalian Dusun Batas sekaligus Penyaluran Bantuan Keuangan (BANKEU) Khusus tahun 2023 di Desa Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu, Jum’at (13/10).


Turut hadir dalam acara ini di antranya Kepala PMD Provinsi Riau Joko Edylahar.S.Sos.M.Si, Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau M. Arif Setiawan.MT, Kepala OPD Kabupaten Kampar, Camat Koto Kampar Hulu Ahmad Begab.S.Sos.M.Si, Camat SE- Kabupaten Kampar Kepala Desa Bandur Picak Rais Adli.SE.SY.


Penjabat (PJ) Bupati Kampar Muhammad Firdaus.SE.MM menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan  pembangunan Desa, percepatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, dan membantu pelaksanaan urusan Pemerintah Desa sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Daerah, agar tercapai sinkronisasi program dan kegiatan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa, dapat diberikan bantuan keuangan khusus kepada Pemerintah Desa yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Bantuan keuangan khusus kepada Pemerintah Desa yang selanjutnya disingkat BKK adalah bantuan keuangan dari Pemerintah Daerah yang  bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang diberikan kepada pemerintah desa dalam rangka percepatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.


Penggunaan dana bantuan ini tentunya dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendukung pembangunan dan mendingkatkan kesejahteraan masyarakat di desa, dengan adanya bantuan keuangan khusus dari Pemprov Riau tersebut membuktikan adanya peningkatan desa mandiri dan maju. 


Oleh karna itu, tujuan bantuan keuangan ini adalah sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Riau ikut serta bersama kabupaten/kota untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Tentunya  agar penggunaan dana tersebut dapat memberikan manfaat yang optimal meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pembangunan di desa. Semoga upaya yang kita lakukan dalam percepatan pembangunan Desa menuju terwujudnya Desa Mandiri untuk menuju Riau yang Unggul dan Berdaya Saing. 


Desa yang mendapatkan dana Penyaluran Bantuan Keuangan (BANKEU) di antranya Desa Bandur Picak 172 jt, bantuan kewirausahaan pemuda Desa Siberuang pemudi 8 jt, Kecamatan Kampar Desa Pulau Jambu kemiskinan serta pencegahan penanganan stunting 20 jt, bantuan operasional posyandu desa tanjung 12 jt, bantuan pernyataan modal BUMDES Desa Pulau Godang 7 jt, bantuan konsutif guru Tahfiz Desa Kuok 24 jt dan piagam penghargaan Gubernur Riau kepada BUMDES Koto Kampung Patin Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar.


Selanjutnya Gubernur Riau Drs.Syamsuar.M.Si menyampaikan penyerahan BKK secara simbolis dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Kampar ini telah sesuai dengan petunjuk teknis.


Penggunaan dana bantuan ini tentunya dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendukung pembangunan dan mendingkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.


Dengan adanya bantuan keuangan khusus dari Pemprov Riau tersebut membuktikan adanya peningkatan desa mandiri dan maju. Oleh karna itu tujuan bantuan keuangan ini adalah sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Riau ikut serta bersama kabupaten/kota untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.


Diharapkan penggunaan dana tersebut dapat memberikan manfaat yang optimal meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pembangunan di desa.


Sejak tahun 2019, Pemerintah Provinsi Riau telah menyalurkan Bantuan Keuangan Khusus kepada Desa. Tujuan bantuan keuangan ini adalah sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Riau ikut serta bersama Pemerintah Desa dalam menggiatkan pembangunan di desa. Maka sampai dengan tahun 2023 ini kami telah menyalurkan sebanyak Rp. 1,12 Triliun lebih kepada 1.591 desa pada 10 kabupaten di seluruh Provinsi Riau. Dana ini bersumber dari APDB Provinsi Riau tahun 2019-2023.


Pemerintah Provinsi Riau telah menyalurkan dana Bantuan Keuangan Khusus kepada Desa di Kabupaten Kampar sebesar Rp. 168,15 Miliar yang diterima oleh 242 desa di seluruh Kabupaten Kampar selama tahun 2019 sampai dengan tahun 2023.


Dengan rincian diantaranya pada tahun 2019 telah disalurkan sebesar Rp. 48,20 Miliar, tahun 2020 telah disalurkan sebesar Rp. 20,57 Miliar  tahun 2021 telah disalurkan sebesar Rp. 24,00 Miliar, tahun 2022 telah disalurkan sebesar Rp. 34,05 Miliar, dan 2023 sedang dalam proses penyaluran sebesar Rp. 41,34 Miliar.***

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama