Sungai Ogan Meluap Ratusan Rumah Tergenang Banjir


Sumsel, (potretperistiwa.com) - M.Iqbal Ali Syabana selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Memberitahukan bahwa sejumlah Kecamatan di wilayah  tersebut telah terendam, dengan ratusan rumah dan puluhan kelurahan dan desa terdampak tenggelam di kabupaten OKU PROV sumsel.


Menurut Iqbal, banjir susulan berpotensi kembali terjadi mengingat debit air Sungai Ogan yang terus naik.


"Beberapa kecamatan di 16 kelurahan di OKU yang terdampak banjir. Banyaknya Rumah terendam banjir dari data sementara. Ratusan warga terdampak, puluhan warga mengungsi akibat banjir ini," ungkapnya, Selasa (07/05/24).


BPBD Sumsel saat ini telah menurunkan tim ke lokasi bencana untuk membantu mengevakuasi warga yang terdampak banjir.  Warga di minta waspada dan tidak memaksakan diri untuk bertahan di rumah. "Bantuan untuk warga sudah mulai di kirimkan termasuk tenda darurat untuk para pengungsi yang berada di Kab.OKU," jelas nya.


Selanjutnya di Kecamatan Baturaja Barat terdapat puluhan Desa dan kelurahan yang terendam. Yakni Tanjung Agung puluhan rumah dan puluhan warga mengungsi, Kelurahan Talang Jawa puluhan rumah, Air Gading puluhan sekitar 10 rumah dan 1 tempat ibadah, Tanjung Karangan puluhan rumah dan puluhan orang mengungsi dan desa Karang Agung puluhan rumah tengenang air dan beberapa KK ikut mengungsi.


"Satu jembatan gantung putus di Karang Agung dan lahan perkebunan dan pertanian serta ratusan hektare berpotensi gagal panen karena terendam banjir,".


Dan kemudian di Batu Kuning juga puluhan  rumah, serta puluhan KK mengungsi dan tempat ibadah juga ikut tergenang. Kemudian desa Laya ada ratusan rumah serta puluhan KK mengungsi , desa Karang Endah  beberapa rumah, Batu Putih puluhan  rumah,serta desa Pusar ada puluhan rumah serta desa Saung Naga beberapa rumah dan belasan KK turut mengungsi.


Di Baturaja Timur, di kelurahan Sekar Jaya puluhan rumah terdampak dan puluhan warga mengungsi, di kel.Baturaja Permai rawan banjir hingga puluhan rumah tergenang air dan, Baturaja Lama juga puluhan rumah banjir dan puluhan warga ikut mengungsi, Kemala Raja puluhan rumah, Sukaraya ada sekitar 20 rumah dan di Air Pauh juga ada puluhan rumah yang terkena banjir.


"Dan namun bila hujan masih mengguyur pada hari ini , potensi debit sungai akan naik maka banjir susulan bisa terjadi dan kian meluas," ungkapnya.


Saat ini, personel BPBD Sumsel dan BPBD OKU sudah berada di lokasi banjir untuk penanganan evakuasi warga terdampak. Pihaknya, juga tengah menyiapkan bantuan dari Pj Gubernur Sumsel dan para Donatur  untuk meringankan beban warga terdampak.


Kepala Bidang Kedaruratan BPBD OKU, Mulyadi menambahkan, hujan yang terjadi Senin malam (07/05) membuat sebagian besar wilayah Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat terdampak banjir. "Sekarang sudah mulai masuk ke Kecamatan Lubuk Batang," dan bahkan seluruh kecamatan yang ada di OKU terdampak banjir,Sampai saat ini kita masih menunggu laporan dari seluruh tim biar lebih jelas lagi.


Saat ini, tim BPBD OKU dengan perahu Melakukan evakuasi warga yang masih terdampak. Sebagian daerah katanya juga sudah surut. "Sebagian wilayah mulai surut namun tetap waspada kemungkinan banjir susulan akibat meluapnya air sungai dan kita berharap mudah mudahan nanti malam tidak terjadi hujan lagi,tutupnya.***(Arief).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama