Seorang Pria Asal Medan Terungkap Positif Omicron di Cilacap


Cilacap, (potretperistiwa.com) -  Tatto Suwarto Pamuji, Bupati Cilacap,  menyampaikan bahwa berdasarkan hasil WGS laboratorium Covid-19, satu orang yang positif Covid-19 varian omicron di Kabupaten Cilacap berasal dari Medan, Sumatra Utara. 


"Kronologis bermula saat seorang pria berinisial ZS (51) asal Kota Pematang Siantar, Medan melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir, Jakarta untuk menemui salah satu keluarganya di Cilacap pada tanggal 4  Januari 2022 lalu," ungkap Bupati saat pers rilis di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Senin (24/1/2022).


Lebih lanjut, dikatakan Bupati, sesampainya di salah satu Stasiun di Cilacap, kemudian ia naik ojek konvensional menuju tempat penginapan. 


Dan usai menemui keluarganya di Cilacap, kata dia, pada keesokan hari tanggal 5 Januari 2022, ZS berniat terbang pulang ke Medan menggunakan pesawat melalui Bandara di Yogyakarta. 


"Namun melakukan swab terlebih dahulu di RSPC dengan tujuan untuk PCR. Sebelum hasil keluar, ia sudah melakukan perjalanan ke Yogyakarta dijemput oleh saudaranya. Dan setelah hasilnya keluar, ZS dinyatakan positif terpapar omicron," jelasnya. 


Selanjutnya, usai dinyatakan positif omicron, ZS kemudian melakukan isolasi mandiri di Godean, Sleman, rumah saudaranya. 


"Dan hasilnya baik, tanpa ada gejala atau tanda-tanda lainnya," ucap Bupati. 


Lebih lanjut, dari hasil temuan virus Covid-19 varian omicron di Cilacap tersebut, Dinas Kesehatan kemudian melakukan tracing kepada 12 orang yang kontak erat dengan ZS. 


"Dan hasil dari tracing tersebut semuanya negatif," tegas Bupati. 


Sementara itu, Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro menyatakan pihaknya bersama Tim Satgas Covid-19 Kabupaten melakukan langkah antisipasi, salah satunya menyiapkan tempat isolasi terpusat. 


"Jadi khusus untuk pasien omicron ini, kita sudah siapkan di Balai Diklat Cilacap dengan tampungan kapasitas 54 tempat tidur, dan nanti pada saat isolasi, pasien tidak boleh bersinggungan dengan keluar maupun orang lain," katanya. 


Dalam kesempatan itu, Bupati mengimbau kepada warga masyarakat Cilacap agar tetap waspada dan jangan lengah serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. 


"Jaga jarak, hindari kerumunan, selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta bagi yang belum vaksin agar segera vaksin," tutupnya. ***(Afison manik)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama