Meriahkan Bulan Muharram, Rumah Tahfiz Hidayatul Islam Gelar Pawai


Kampar, (potretperistiwa.com) - Tahun Baru Islam atau disebut juga 1 Muharram adalah peringatan penting bagi umat Muslim untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.


Bulan Muharam memiliki sejumlah arti dan keutamaan sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Selain memperbanyak amalan, masyarakat indonesia juga selalu melaksanakan kegiatan dalam memeriahkan Bulan Islam tersebut. Salah satunya seperti yang digelar oleh Rumah Tahfiz Hidayatul Islam yang terletak di Desa Naga Beralih Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar - Riau.


Dalam rangka memeriahkan dan menyambut 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada 30 Juli 2022, santri Rumah Tahfiz Hidayatul Islam, menggelar pawai keliling pada Ahad Sore (31/7/2022) sekira Pukul 15.30 WIB.


Pawai tersebut dimulai dari Rumah Tahfiz Hidayatul Islam mengelilingi Dusun Lingkungan kemudian Finis di Rumah Tahfiz kembali.

Dalam pelaksanaan pawai tersebut tampak suka cita para santri, bahkan masyarakat dan pengguna jalan raya juga antusias menyaksikan pawai keliling yang digelar oleh Rumah Tahfiz Hidayatul Islam tersebut. 


Salah satu Wali Santri, Andraina kepada Media Potretperistiwa.com mengaku senang dan bangga dengan dilaksanakan kegiatan pawai dalam menyambut 1 Muharram ini.


" Saya senang dan bangga, selain itu pawai Muharram ini juga mengenalkan sejarah islam kepada anak didik di Rumah Tahfiz Hidayatul Islam, sehingga para santri bisa memaknai Tahun Baru Umat Islam tersebut " tuturnya.

Andraina juga berharap, Rumah Tahfiz Islam ini semakin maju dan berkembang, sehingga selalu mencetak generasi yang cinta dan hafal Alqur'an, harapnya.


Hal senada juga diucapkan oleh Isna, salah satu orang tua santri yang juga ikut meramaikan Pawai tersebut. Dia menyampaikan rasa senang bisa ikut melaksanakan Pawai keliling Peringatan 1 Muharram.


" Senang, selain itu kita juga sekalian berolahraga sambil jalan kaki " katanya.


Isna mengatakan," banyak hal yang dipetik dari peringatan tahun baru Islam ini, kita harap Perayaan tahun baru Islam bukanlah hanya sekedar pergantian waktu tanpa ada makna atau hikmah yang bisa diambil dari peringatan tersebut, tutupnya.***(Red/Asril).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama