Angkat Ekonomi, Pemdes Pematang Obo Laksanakan Ternak Kambing



Duri, (potretperistiwa.com) - Dalam rangka meningkatkan Ekonomi masyarakat tempatan, Pemerintahan Desa Pematang Obo Duri Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis - Riau melaksanakan Budidaya Ternak Kambing, Kamis (11/8/2022).


Adapun jumlah ternak Kambing yang dibudidayakan sebanyak 45 Ekor yang di rencanakan sebanyak 55 ekor untuk kelompok Tani Ternak Maju Bersama.


Dijumpai Kepala Desa Pematang Obo Pangibulan Sirait yang sedang melakukan pengawasan dan pembinaan di lokasi budidaya ternak kambing dan di dampingi Ketua Kelompok Tani Ternak Kambing Maju Bersama, Sarno dan wakil ketua Kelompok Maju Bersama Sugirin Harianto pada Kamis 11 Agustus 2022 menyampaikan, program ini untuk memadukan antara sistem pengembangbiakkan ternak (sentra ternak) dengan pemberdayaan masyarakat kelompok tani ternak. 


" Program ternak yang bersumber anggaran dari DD 2022 Desa Pematang Obo, akan dijadikan sebagai asset produktif ketahanan pangan untuk dikembangkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan peternak dari hasil usaha kelompok peternakan " ujarnya.


Sebagai pelaksana program salah satu organ DD yang berkhidmat untuk mengembangkan peternakan dan memberdayakan peternak. 


" Untuk anggaran DD tahap ini Desa Pematang Obo baru menyediakan 45 ekor induk kambing, yang di rencanakan dari 45 ekor untuk ketahanan pangan Masyarakat, kelompok ternak berkisar 10 sampai 15 orang berkelompok " jelasnya.


Dikatakan Kades,  program ini memiliki target sebanyak 55 ekor dan pejantannya sebanyak 7 ekor, namun untuk tahap ini kita baru bisa menyediakan hanya 45 ekor induk kambing " terangnya.


Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa kami terus membina kelompok ini untuk tujuan Program Desa yang menghasilkan pendapatan anggaran Desa (PAD) Desa Pematang Obo dalam memberdayakan Masyarakat, dengan tujuan kita untuk membangkitkan ekonomi masyarakat lokal, maka kita berusaha untuk membeli bibit ternak kambing blasteran etawa dari budaya ternak lokal, dan untuk sementara ini yang sudah mulai bunting sebanyak 4 ekor kambing betina, mudah-mudahan minimal enam bulan kedepannya ini sudah punya anaknya untuk di kembangkan kembali.***(Amir).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama