Bau Tak Sedap di Lihat Tak Enak, Tumpukan Sampah di Pinggir Jalan Lintas


 

OKU,Sumsel, (potretperistiwa.com) - Pada saat ini di Kota Baturaja yang pernah mendapat julukan Kota bersih dan pernah mendapatkan Adipura hanyalah tinggal cerita belaka di karenakan di setiap sudut sudut jalan kota penuh dengan penumpukan pembuangan sampah liar.


Terutama di kawasan jalan Lintas  Sumatera Kelurahan Sukaraya akibat banyaknya warga sekitar yang buang sampah sembarangan di kawasan itu Membuat Pj Bupati OKU Teddy Meilwasnyah memerintahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kab. OKU untuk membersihkan tumpukan sampah yang saat ini sangat nampak seperti Tempat pembuangan akhir sampah.


Bau yang menyengat tidak sedap dan sangat mengganggu pemandangan sehingga Kondisi tumpukan sampah yang berada di jalan Lintas itu tentu membuat kesan yang negatif tentang Kota Baturaja.


Melihat pemandangan itu Pj.Bupati Berupaya agar lokasi itu bisa segera di bersihkan dan agar dapat memberikan saran dan solusi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama di kawasan yang bukan pada tempatnya.


pada jumat pagi saya melihat dan langsung cek bersama Dinas DLH ternyata sampah yang berserakan memang banyak yang di buang sembarang oleh masyarakat. 


Dan Saya sudah perintahkan DLH agar segera membersihkan kawasan itu dan berupaya mencari solusi agar kawasan itu tidak menjadi tempat pembuangan umum oleh masyarakat ,” jelas Teddy pada Jum'at (24/03/23).


Dalam waktu yang bersamaan Kabid B3 Dinas Lingkungan Hidup Kab.OKU Brigman mengatakan yang pada saat berada di lokasi tersebut bahwa, kawasan itu memanglah bukan tempat yang di sediakan oleh kami di Dinas LH untuk membuang sampah. Dan Brigman juga  sudah ke sekian kali melakukan pembersihan kawasan ini dan juga pernah menghimbau kepada masyarakat lingkungan sekitar untuk tidak membuang sampah di kawasan sekitar ini tapi masih banyak warga yang tidak mengindahkan dan tetap membuang sampah di sekitar sini.


“Padahal Ini bukan tempat pembuangan sampah umum dan mereka membuang asal maunya saja dan menumpuk sehingga berserakan kemana -mana,”ujarnya.


Dinas lingkungan hidup  telah mengambil tindakan dan  solusi atas intruksi Pj Bupati OKU agar segera mungkin menghubungi kepada pemilik tanah kawasan tersebut.


Bahwa lahan kosong ini milik masyarakat bukan punya pemerihtah tapi kita akan mencoba hubungi dulu apakah di izinkan di buat tempat khusus pembuangan atau tidak. Jika diizinkan mereka akan menempatkan tempat khudus sampah atau kontainer yang dibuat berdekatan dengan kawasan agar sampah tidak bau dan tidak berserakan , “ujar Brigman.


Dan sementara ini Dinas Lingkungan Hidup kab OKU menghimbau  supaya masyarakat di lingkungan dan masyarakat luas yang sering membuang sampah sembarang di kawasan ini  agar tidak mengulangi nya .


Dan juga Kami menghimbau kepada warga jangan lah membuang sampah sembarangan dan berserakan di sini lagi, ” jelasnya.


Demi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kita bersama marilah kita buang sampah yang telah di sediakan agar kota baturaja tetap menjadi kota yang bersih lagi.***(Arief).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama