Polres Pesawaran Ikuti Penilaian Lomba Satkamling Tingkat Polda


Pesawaran, (Potretperistiwa.com) - Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu upaya masyarakat di suatu wilayah dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. Siskamling memberikan dampak yang sangat positif bagi suatu wilayah karena masyarakat sekitar merasa lebih aman dan nyaman dengan adanya siskamling. Berdasarkan Perpol 4 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa kini Siskamling diubah menjadi satuan keamanan lingkungan ( Satkamling ). 


AKP Matera selaku Kasat Binmas Polres Pesawaran Polda Lampung dalam Hal ini Mewakili Kapolres Pesawaran  AKBP Pratomo Widodo, S.I.K., M.Si (Han) menghadiri dan mendampingi kegiatan Lomba Penilaian Satkamling dalam rangka rangkaian Hari Bhayangkara 1 Juli 2023 ke - 77 yang di selenggarakan Oleh Dit Binmas Polda Lampung Tahun 2023 di Pos Ronda Dusun Sumber Sari, Desa Taman Sari, Kec. Gedong Tataan Kab. Pesawaran. Rabu (07/06/2023) Pukul 22.00 Wib.


Turut hadir dalam kegiatan penilai Lomba Satkamling tersebut di antaranya Kasubdit Binpolsus Dit Binmas Polda Lampung (AKBP Feriwanto, S.Sos, M.H.), Kapolres Pesawaran ( Diwakili Kasat Binmas Polres Pesawaran AKP Matera), Kapolsek Gedong Tataan ( Diwakili Kanit Binmas Polsek Gedong Tataan ( Iptu Kasimudin  S.Pd), Danramil Gedong Tataan ( Kapten Inf Sukandi), Camat Gedong Tataan ( Darlis S.E), Kades Taman Sari ( Fabian Jaya), Babhinkamtibmas Ds. Taman Sari ( Aipda Yekti Andi P), Babhinsa Ds. Taman Sari( Peltu Ibrahim ), Pokdar Kamtibmas ( Rudi Iskandar ), Sukamto ( Senkom Kab. Pesawaran ), Seluruh Kadus, Rt, dan Linmas Ds. Taman Sari, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat tokoh Agama Ds. Taman Sari, Mahasiswa/i Umitra kurang lebih 35 Orang.


Ada beberapa aspek dan kriteria penilaian lomba Satkamling tersebut diantaranya Aspek SDM ( Pelaksana Satkamling, Rengiat jadwal Satkamling, Pelatihan pengisian buku mutasi, Pelatihan P3K , Pelatihan P3GD ), aspek Sarpras ( Kotak P3K, Buku Mutasi, Senter, Kentongan, Borgol, Tongkat, alat komunikasi, Apar/alat pemadam ), aspek Giat operasional ( Patroli Ronda, Penjagaan Satkamling, dan lain sebagainya), aspek dukungan Masyarakat serta aspek Binsatkamling yang menunjang dalam Lomba Satkamling ini." Pungkas AKP Matera.


Tim berharap kepada masyarakat agar dapat membangkitkan semangat untuk menghidupkan kembali Satkamling yang ada di daerahnya masing masing. Terutama untuk membentuk karakter masyarakat yang saling gotong royong dalam segi keamanan dan banyak hal positif lainya yang bisa kita lakukan dalam agenda Poskamling ini."Tutup AKP Matera.*** (lilis)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama