Pasca Idul Fitri, Destinasi Air Terjun Selancar 'Diserbu' Ribuan Pengunjung



Rokan Hulu, (potretperistiwa.com) - Pasca Idul Fitri 1445 H/ 2024 M, Destinasi Air Terjun Selancar yang terletak di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu - Riau 'Diserbu' Ribuan Pengunjung. Dimana sebelumnya wisata Air terjun ini hanyadi buka pada hari Sabtu dan Minggu


Pengelola Air Terjun Selanca Irwan  Harahap yang sering di sebut Yan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) mengatakan diwawancara Media ini mengatakan,” Selanca berdiri sejak 2020 silam dan resmi dibuka secara publik sejak Agustus di tahun yang sama. 


"Selanca merupakan hasil inisiasi bersama dari Kelompok Tani Hutan di Desa Lubuk Bendahara, Ujung Batu untuk tetap dapat mengelola kawasan lama dari Perhutani yang kini dikelola secara pariwisata," sebut Irwan. 


Irwan mengatakan, sampai saat ini Air Terjun Selanca masih mengedepankan nilai alam secara alami tanpa ada eksplorasi berlebihan. "Sampai kini sebenarnya Selanca ini belum selesai, Karena wahananya kita berangsur,  seakan sekarang ini yang dalam kita  proses pelaksanaan kita target  capai fasilitas jalan yang di usahakan dua jalur keluar masuk, sebagian dari pelaksanaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sudah rampung, untuk memfasilitasi terutama penerangan Air terjun landai dan kolam yang menjadi tempat para pengunjung menikmati alam, sekaligus melihat ikan yg kita pelihara, dan berbagai  fasilitas seperti karaokean permainan seperti ayunan di air, selancar untuk anak-anak, dan dapat menikmati fenomena asri yang ada, bebernya. 


Masih kata Irwan, untuk dapat masuk ke dalam destinasi wisata Air Terjun Selanca lubuk bendahara kita ini,  pengunjung cukup dapat menjaga katagori Alami, Indah, Bersih, dan menjaga keamanan, ketertiban di setiap pengunjung,  juga tetap kita himbau, menjaga anak anak supaya aman, meminta bersama orang tua tetap perhatikan anaknya masing masing, kami beserta anggota kerja tetap memantau pengunjung,  juga menyampaikan melalui pengeras suara TOA,  juga radio ke setiap anggota untuk pemantau di lokasi kita ini demi keyakinan pengunjung. 


” Sedangkan untuk tiket masuk relatif murah, pengunjung  harga yang terjangkau mulai dari Rp 20 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak ” terangnya.


Irwan juga menerangkan, Air Terjun Selanca Lubuk  Bendahara, saat ini hanya melayani pengunjung pada Sabtu dan Minggu saja, sedangkan pada hari kerja masih belum dibuka, terkecuali hari Idul fitri ini. 


"Kita buka weekend saja karena mengingat hari kerja orang sibuk. Selain itu, kita juga harus memahami bahwa wahana kita masih belum sepenuhnya terbangun dan masih dalam tahap pengembangan secara perlahan-lahan," jelas Irwan. 


Sementara itu terpantau oleh awak media potretperistiwa.com yang hadir di wisata air terjun selanca pasca merayakan hari Idul fitri ini pengunjung sampai ribuan orang, dari kalangan menengah kebawah, juga pengunjung datang berbagai daerah Bahkan dari luar kabupaten,  dari untuk berkunjung. 


Tak hanya itu juga terlihat beberapa Personil Polsek Rokan IV Koto melakukan patroli dan pengawasan di sekitar lokasi objek wisata Selanca tersebut, memastikan ketertiban dan keamanan bagi aktivitas pengunjung.***(Robby Bangun).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama